Teknik switching dalam trading forex



Teknik switching dalam trading forex
Terkadang market bergerak tidak sesuai analisa kita , sehingga order yang telah kita buka menjadi rugi. Tetapi saat kondisi seperti itu kita bisa mengupayakan agar berubah menjadi untung yaitu dengan melakukan switching.

Switching artinya adalah mengganti. Dalam forex trading, strategi switching adalah melakukan pergantian arah dengan menutup order yang sedang rugi kemudian membuka order baru dengan berlawanan arah dari order yang telah ditutup dengan harapan keuntungan order yang kedua akan lebih besar dari kerugian pada order pertama yang sudah ditutup.

Misalnya :
Sekarang ini harga GBP/USD adalah 1,5200. Saya menanalisa BGP/USD akan naik menuju 1,5300. Oleh karena itu saya membuka order buy. setelah berapa jam ternyata GBP/USD bergerak berlawanan dengan analisa saya, GBP/USD Turun dan saat ini berada di level 1.5150. Artinya order buy saya rugi 50 point.
Setelah melakukan analisa ulang, ternyata GBP/USD akan semakin turun menuju level 1.5050. Agar hari ini saya tidak rugi, saya putuskan untuk menutup order buy saya dengan kerugian 50 point dan membuka order sell.
Setelah beberapa jam kemuian ternyata benar market bergerak sesuai hasil analisa kedua yaitu turun, dan kini berada di level 1.5175
Akhirnya setelah merasa profit yang didapatkan cukup, maka saya menutup order sell saya dengan profit sebesar 75 point.
Dari akumulasi 2 transaksi diatas dengan melakukan switching, saya mendapatkan profit sebesar 25 point yaitu dari keuntungan 75 point dikurangi kerugian 50 point.

Tips dalam melakukan strategi switching :

– Lakukan switching dengan membuka order kedua yang berlawanan dengan order pertama hanya bila prediksi keuntungan order kedua melebihi nilai kerugian order pertama yang akan ditutup.
– Sebaiknya lakukan switching ketika trend besar akan terbentuk, yaitu disaat terjadi breakout bands.

Strategi forex switching ini memerlukan sebuah analisa yang meyakinkan, karena jika tidak yakin dengan analisa yang kedua, sebaiknya hanya melakukan cut loss order pertama saja tanpa harus diteruskan dengan switching. Jika tetap dipaksakan bisa jadi kita terombang ambing oleh pasar dan malah menderita kerugian 2 kali lipat.


EmoticonEmoticon

More »