Teknik averaging dalam tading forex

Teknik averaging dalam tading forex.
Untuk mengurangi kerugian ketika posisi kita berlawanan arah dengan trend ,serta untuk memaksimalkan keuntungan disaat order  kita searah dengan trend, kita bisa menggunakan strategi Averaging. 

Averaging berdasarkan arti katanya ialah merata-ratakan. Disaat membuka posisi, strategi averaging ini berguna untuk mengcover harga pembukaan posisi. Dimana pada suatu jarak tertentu, dan bagaimanapun kondisi marketnya keuntungan order yang kita buka adalah impas. Dalam trading, Averaging adalah membuka lagi posisi/order baru dalam  jarak tertentu baik itu melawan arah ataupun mengikuti arah tren, dengan meyakini bahwa market akan segera bergerak sesuai dengan analisa kita.

Dilihat dari tujuannya, strategi averaging biasa digunakan untuk :

1. Menambah keuntungan.

Misalnya :
Saya menganalisa market akan naik, maka saya membuka order buy. Beberapa saat kemudian market naik hingga 50 pip, namun saya melihat market akan naik lebih tinggi lagi. Sehingga saya membuka order buy lagi. Karena saya berpikir bahwa market sangat kuat untuk naik lagi, saya membuka posisi buy lagi . Pada saat market naik lebih jauh, kini saya memiliki 3 posisi buy dalam keadaan floating plus atau profit. Maka jika saya menutup ketiga order tersebut, profit saya menjadi lebih banyak jika dibandingkan dengan tidak melakukan averaging.

Berikut contoh menambah keuntungan :


2. Menutup kerugian.

Misalnya :
Saya mengnalisa market akan naik, lalu saya membuka order buy. Beberapa saat kemudian market menurun, artinya market berlawanan dengan analisa saya. Namun karena saya yakin market akan segera naik, maka saya membuka posisi kedua yaitu buy lagi. Sehingga kini harga open order saya adalah rata-rata dari 2 harga open order yang terbuka. Ketika market balik arah naik, dan menyentuh level rata-rata harga pembukaan 2 posisi, maka posisi saya impas dan sudah tidak rugi lagi. Jika market terus meninggi maka sudah tentu order saya profit lebih besar.

Tips dalam menggunakan teknik averaging :

-         Untuk market yang bergerak berlawanan dengan analisa, maka lakukan Averaging disaat price sudah menjauh dari BB Upper / Lower atau memasuki zona jenuh.
-          Untuk market yang bergerak sesuai analisa, lakukan averaging sebelum market menemui titik jenuh.

Strategi forex averaging ini sangat membantu untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Dalam penggunaannya kita harus fokus dan disiplin.


EmoticonEmoticon

More »